Arti Nomor Lokomotif Diesel

Juni 18, 2008 at 2:20 am 2 komentar

Arti Nomor Lokomotif Diesel

Buat penggila kereta maupun temen temen yang sering naek kereta api, sering kita melihat gerbong kereta yang kita naiki di tarik oleh lokomotif yang bentuknya kadang berbeda beda , atau ketika melihat lokomotif langsir di stasiun, sering kita membedakannya kadang hanya dari warnanya namun sebenarnya lokomotif itu juga memiliki nomor KTP seperti halnya kita warga negara indonesia, yaitu nomor lokomotif seperti BB 30101, CC 20340, D 30128 , nah penomoran lokomotif terutama lokomotif diesel di indonesia adalah sebagai berikut :

  • kode B artinya 2 roda penggerak ,C = 3 , dan D = 4. jadi kode BB artinya lokomotif bergandar 2 2 jadi total penggeraknya ada 4 as roda atau memiliki 8 roda .
  • kode CC artinya lokomotif bergandar 3 3 jadi total penggeraknya ada 6 as roda atau memiliki 12 roda .
  • kode D artinya lokomotif bergandar 4 loko jenis ini biasanya hanya memiliki single gandar sehingga total penggeraknya ada 4 as roda dengan jumlah roda 8

Kemudian setelah kode seri ada Kodefikasi 1,2,dan 3

  • nomor 1 artinya transmisi Diesel mekanik (tahan banjir, karena transmisi spt mobil, lori dll.)
  • nomor 2 artinya transmisi Diesel elektrik (no flad, takut banjir)
  • nomor 3 artinya transmisi Diesel hidrolik (tahan banjir)

artinya Diesel elektrik adalah Diesel hanya sebagai pembangkit listrik, kemudian listriknya buat menjalankan motor listrik alias traksi motor karena traksi motor letaknya di bawah menyatu dengan rangkaian as roda maka kalau kena air jelas akan konslet atau rusak , kalau Diesel Hidrolik artinya penggeraknya diesel kemudian diteruskan dengan gardan ke roda2nya,

2 Digit setelah kodefikasi adalah perbedaan fitur fitur yang dimiliki lokomotif biasanya dari kode 00,02,03,04 dst Contoh

  • BB200, BB 201, BB 203, BB 205 ,CC 201, CC 202, CC 203, CC 204 bertransmisi elektrik yg takut air
  • C 300, D 300, D 301, BB 300, BB 301, BB 302, BB 304, BB 305, BB 306 bertransmisi hidrolik yang berani nerjang banjir

Digit digit berikutnya menandakan nomor inventaris sesuai serinya.
Galery :

D 30128

BB 30003

BB 30330

BB 20205

BB 20029

CC 20411

CC 20340

CC 20216

CC 20198

CC 20015

Entry filed under: KERETA API KUW. Tags: .

Sejarah Kereta Api Tragedi Bintaro

2 Komentar Add your own

  • 1. Dean  |  Agustus 28, 2008 pukul 7:20 am

    Mas Riandito,

    Salam kenal, saya juga penggemar kereta api, saya ingin bertanya nih, mengapa Lokomotif BB200 buatan General Motor, kalau tidak salah rodanya 12 berarti seharusnya dia berkode CC dong? Apa BB200 hanya bergandar 2 2? Mohon penjelasan.

    Terima Kasih
    Dean

  • 2. nanoe  |  September 28, 2008 pukul 8:58 am

    salam knal…mas aku mo tanya bedanya cc203 ma cc204 apaseh… kyaknya kok sama yaaaa…blas ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Apr   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: