PRAMBANAN EXPRESS VS KRL JABOTABEK

April 13, 2008 at 7:51 am Tinggalkan komentar

Mbandingin kreta api KRL jabodetabek en Prambanan Express (Pramex) tulnya ga apple to apple.. soalnya tingkat kepadatan penduduk Solo DIY vs Jabodetabek kan beda yah. Tapi daripada mbandingin KRL Jabodetabek ama kreta luar negeri kayak Singapore atau Jepang, jadi apple to durian kali ya..

Buat yang belum tau, Prambanan Express adalah kereta api yang melayani rute Yogyakarta-Solo. Bayarnya kalo KTB 250 ribu/bulan, kalo beli ritel harganya Rp. 7 ribu. Model keretanya kayak Pakuan AC, kereta warna kuning hijau cerah. Kebanyakan sih kalo pagi en sore isinya ya para commuter Yogya Solo.

Pramex usually on time. Klo hari-hari libur, harpitnas, atau hari Jumat jam pulang kantor biasanya jumlah penumpang meningkat, banyak anak-anak kecil juga yang kali mau liburan ke yogya. Tapi biasanya tetep dapet tempat duduk, klo naiknya dari stasiun Balapan Solo. Klo naik dari stasiun Purwosari ya agak-agak hurry up dikitlaa biar dapet seat. Buat naik Pramex kita gak perlu rebutan en adu dorong kayak naik jabodetabek. Biasa ajalaa…

Malah kalo tak perhatiin, bapak-bapak en mas-mas yang emang tiap hari naek ini kreta, mereka malah tenang2 aja nggak ikut rebutan, tapi berdiri santai sampe semua ibu-ibu en nona-nona kantoran pada masuk, baru deh mereka naek.. What a gentleman.. Kalo KRL jabodetabek.. semua ikut berebut laaah.. mau laki mau perempuan.. emang gw pikirin..

Dengan harga 7ribu, tentu saja kita dapet AC juga, alias Angin Cendela. Tapi don’t worry, karena nggak terlalu penuh, nggak ada bau keringat, atau bau2 yang aneh. Udaranya segar kok. En sepanjang perjalanan, kita bakalan lewat sawah, sungai, hutan kecil2, bukit2 en pemandangan Indah. Terutama di daerah Prambanan en Delanggu. Dijamin vitamin A.

Bandingin ama pemandangan KRL Jabodetabek.. Pemukiman liar, kumuh, gedung-gedung bertingkat, jembatan yang kotor, sungai yang buthek.. en pemandangan lain khas jabodetabek. Harganya kalo Pakuan Express dulu 11 ribu.. skrg dunno, 13 ribu kali ya? tapi full asap rokok, keringat, pemandangan nya minimalis banget, AC-nya kadang mati juga atau gak berasa saking penuhnya.

Khusus Pramex, kita dapet bonus oke yaitu Kompas harian seharga Rp. 1.000 rupiah! what a bargain ! ya kan.. KRL Jabodetabek? Kayaknya gak ada tuh… beli koran en majalah harga normal, itu juga terus dipake buat duduk kalo gak dapet seat di kereta.. cedihna…

Di Pramex.. ada kereta dorong yang isinya jajanan, dari Taro, Chiki, Aqua, Arem-arem.. bersih, manis, rapih, en dijajakan sama Pegawai Pramex Prestise yang full smile en gak segan2 menyapa penumpang dengan ramah.. Di KRL ekonomi Jabodetabek ada siy, dagangannya teh botol en minuman lain yang ditaruh di ember.. atau krat coca cola ditumpuk2 di kasih roda. Jualannya teriak sekenceng2nya, en kalo dorong keretanya tabrak sana tabrak sini. Plus profesinya kadang sambil raba-raba dompet orang! Kalo di KRL yang AC, perasaan sih dulu nggak ada yang jualan snack.. nggak tau sekarang ya..

Setelah selesai berjualan, biasanya karyawan Pramex yang menjajakan snack tadi akan beralih profesi jadi cleaning service. Mereka menyapu en ngepel lantai kereta, sambil bersiul-siul atau nyanyi. Kalo KRL Jabodetabek, pa lagi yang Economy Class..yang nyapu adalah anak-anak jalanan, dan sambil minta-minta uang. Nyapu en bebersihnya juga sembarangan banget, sampah langsung dibuang di luar gerbong, jadi alhasil mengotori rel kereta en lingkungan.

Security Guard adalah bagian paling menarik. Prambanan Express ada satpamnya lho. Kerjaan mereka gak sesederhana menjaga keamanan kereta. Tapi mereka hebat dalam mendisiplinkan penumpang. Salut deh. Kalau ada penumpang merokok, dengan sopan tapi tegas satpam akan menyuruh penumpang tersebut mematikan rokok. Gak sehat taww.. Plok! Plok! Plok! salut salut..

Lalu kan suka ada tuh penumpang yang duduknya menceng2. Maksudnya udah pantatnya besar, tapi duduknya miring2 menuhin tempat! bete kan.. nah si Bapak satpam juga akan meminta oknum tersebut untuk meluruskan pantat dan menyempurnakan posisi duduk. hihi.. jadi kan ada tambahan space buat orang lain duduk. Gitu loh maksudnya.

Terus kalo ada penumpang yang naruh tas sembarangan, di kursi misalnya, dengan hormat si penumpang juga disuruh meletakan barangnya ditempat yang proper, yaitu tempat bagasi di atas, atau di lantai bawah kursi. Jadi kereta selalu rapih en gak messy en sekali lagi, ada space buat penumpang lain. Kalau ada penumpang yang berdiri, security guard juga akan menunjukkan tempat2 yang masih kosong, atau mencarikan tempat duduk. Pokoknya oke deh! salut buat bapak Satpam Pramex..

di Jabodetabek KRL? boro-boro.. no further comment dah.

Entry filed under: KERETA API KUW. Tags: .

KRL LINGKAR JAKARTA NO TELP STASIUN DI JAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: